Download

Sabtu, 13 Februari 2010

Prinsip-Prinsip Dasar Dalam Penyusunan Tes Hasil Belajar

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu dicermati di dalam menyusun tes hasil belajar agar tes tersebut dapat mengukur TIK untuk mata pelajaran yang telah diajarkan atau mengukur kemampuan dan keterampilan peserta didik yang diharapkan, setelah mereka menyelesaikan suatu unit pengajaran tertentu.

1) Tes hasil belajar harus dapat mengukur secara jelas hasil belajar (learning outcomes) yang telah ditetapkan sesuai dengan tujuan instruksional. Kejelasan mengenai pengukuran hasil belajar yang dikehendaki akan memudahkan guru dalam menyusun butir-butir soal tes hasil belajar.

2) Butir-butir soal tes hasil belajar harus merupakan sample yang representatif dari populasi bahan pelajaran yang telah diajarkan sehingga dapat dianggap mewakili seluruh performence yang telah diperoleh selama peserta didik mengikuti suatu unit pengajaran.

3) Bentuk soal yang dikeluarkan dalam tes hasil belajar harus dibuat bervariasi sehingga betul-betul cocok untuk mengukur hasil belajar yang diinginkan sesuai dengan tujuan tes itu sendiri. Untuk mengukur hasil belajar yang berupa keterampilan. Misalnya, tidak tepat kalau hanya menggunakan soal-soal yang berbentuk essay tes, yang jawabannya hanya menguraikan dan bukan melakukan atau mempraktekkan sesuatu.

4) Tes hasil belajar harus didesain sesuai dengan kegunaannya untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Desain tes hasil belajar harus disusun relevan dengan kegunaan yang dimiliki oleh masing-masing jenis tes. Klasifikasi desain test, yaitu:

1. Placement Test

2. Formative Test

3. Summative Test

4. Diagnostic Test

5) Test hasil belajar harus memilki Reliabilits yang dapat diandalkan. Artinya setelah tes hasil belajar itu dilaksanakan berkali-klai terhadap subyek yang sama, hasilnya selalu sama atau relatif sama. Dengan demikian tes hasil belajar itu hendaknya memiliki keajegan hasil pengukuran yang tidak diragukan lagi.

6) Tes hasil belajar disamping harus dapat dijadikan alat untuk mencari informasi yang berguna untuk memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru itu sendiri.

1 komentar: